Definisi dan Pengertian Puisi

Definisi dan Pengertian Puisi|Apa itu Puisi?, Pengertian puisi pada sesungguhnya masih menjadi perdebatan para ahli-ahli sastra, ada yang menyebut puisi sebagai seni sastra tertulis yang ciri-cirinya menggunakan bahasa yang khas sebagai kualitas dan nilai estetiknya. Adapula yang menyebutkan puisi sebagai perwujudan imajinasi pengarang atau ungkapan perasaan penyair yang mencoba mengajak orang lain masuk kedalam emosi yang sama melalui bait yang disampaikan. 
Pengertian dan makna puisi
Pengertian Puisi
Berikut beberapa pengertian puisi yang dapat kami rangkum,

Sumber; id.wikipedia.org (part I) 
Puisi berasal dari bahasa yunani “Poites” yang berarti seni tertulis yang menggunakan bahasa yang khas sebagai kualitas dan nilai estetiknya (nilai indahnya) selain pada nilai sematiknya sendiri. 

Sumber; id.wikipedia.org (Part II) 
Puisi adalah perwujudan imajinasi manusia (Pengarang) yang menjadi sumbar kreativitas. Puisi juga merupakan isi/ curahaan perasaan/ hati seseorang yang mencoba membawa orang lain kedalam perasaan yang sama (dengan pengarang) melalui bait yang disampaikan. 

Puisi berasal dari bahasa yunani “Poites” yang berarti pembangun, pembentuk atau pembuat, sedang dalam bahasa latin disubut “poeta” yang artinya membangun, menyebabkan dan menimbulkan, kemudian kata tersebut menyempit menjadi hasil karya seni yang kata-katanya disusun menurut syarat-syarat tertentu, dengan sajak, irama atau kadang-kadang kiasan. (situmorang 1980 :10) 

Puisi adalah bentuk ekpresi pengalaman empirik atau batin seseorang yang diwujudkan melalui bahasa-bahasa indah, perumpamaan dan kiasan. Puisi juga merupakan sarana penyampaian tak langsung dari seseorang terhadap sutau hal yang dianggap menggelitik naluri estetika, emoso dan perasaan jiwa yang sedang dialami 

Puisi adalah bentuk karangan yang terikat oleh rima, ritma, ataupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat. Menurut zamannya, puisi dibedakan atas puisi lama dan puisi baru. 

Sedang menurut penulis sendiri, puisi sejatinya adalah karya, ciptaan, tertulis maupun diungkapkan melalui nada dan intonasi yang pas mencoba membawa orang lain kedalam perasaan yang diiginkan oleh pembawa/ pencipta puisi. Puisi bisa berisi cerita, pandangan, amanat, sindiran maupun ungkapan hati/ perasaan/ pemikiran. (Imron Rosadi 2013) 

Sebenarnya, jika kita menilik rangkuman diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa tidak ada batasan dan aturan dalam penulisan dan penciptaan keanehan dalam bait puisi(kecuali rima dan bahasa yang agak khas; beda dengan prosa) , namun puisi yang etis adalah puisi yang mengandung maksud yang mampu dipahami orang lain dan membawa mereka untuk ikut serta merasakan emosi yang diinginkan pengarang/ penyair. 

Demikian info tentang Penggertian Puisi atau Apa itu Puisi?. Semoga iformasi tentang Penggertian Puisi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 
Baca Juga: